Apa itu Strategi Pemasaran dan Apa yang Paling Efektif?

Strategi pemasaran adalah bagian dari rencana bisnis Anda yang menguraikan keseluruhan rencana periklanan Anda tentang cara menemukan dan menarik pelanggan atau pelanggan dengan bisnis Anda. 

Terkadang strategi pemasaran dikacaukan dengan rencana pemasaran, tetapi ini berbeda. Strategi pemasaran Anda berfokus pada apa yang ingin Anda capai untuk bisnis dan upaya pemasaran Anda. Rencana pemasaran menjelaskan bagaimana Anda akan mencapai tujuan ini.

Strategi pemasaran yang baik mencakup bagaimana bisnis Anda mendekati pasar dan apa yang Anda ketahui tentang pemasaran untuk mengembangkan teknik dan taktik yang akan mencapai tujuan pemasaran Anda.

Kapan Mengembangkan Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran dibuat sebelum Anda memulai bisnis Anda. Anda tidak dapat memasarkan secara efektif tanpa memahami bagaimana bisnis Anda memasuki pasar, persaingan Anda, bagaimana Anda akan bersaing, dan apa yang perlu Anda capai untuk mencapai tujuan keuangan Anda (misalnya, angka penjualan). Kemudian gunakan apa yang telah Anda pelajari untuk membuat rencana pemasaran dan memulai strategi pemasaran bisnis Anda.

Seperti rencana bisnis, strategi pemasaran dapat berubah sesuai kebutuhan untuk meningkatkan hasil Anda. Setelah bisnis Anda beroperasi, Anda perlu mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pemasaran Anda dari waktu ke waktu dengan mempertimbangkan perubahan kondisi pasar sebagai hasil dari riset dan kinerja pasar Anda, perubahan permintaan, dan faktor lain yang memengaruhi penjualan Anda.

Kapan Mengembangkan Strategi Pemasaran?

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ 25 Jenis Macam – Macam Strategi Pemasaran Efektif 2021[/su_box]

Cara Membuat Strategi Pemasaran

Sebelum Anda menulis strategi pemasaran, Anda perlu mengetahui bagaimana produk atau layanan Anda menguntungkan orang lain dan bagaimana keunikannya (proposisi penjualan yang unik) bagi bisnis lain di pasar. Terlebih lagi, Anda perlu melakukan riset pasar untuk memahami persaingan Anda, target pasar Anda, dan faktor-faktor lain yang akan memengaruhi kemampuan Anda untuk membuat orang menjangkau bisnis Anda dan memasukkan mereka ke dalam bisnis Anda.

  1. Produk: Apa yang Anda jual? Apa saja fitur fisik produk Anda atau keunikan layanan Anda? Apa yang Anda tawarkan dari pesaing Anda dan keuntungan apa yang ditawarkannya kepada pelanggan Anda?
  1. Harga: Berapa biaya untuk membeli produk atau layanan Anda? Bagaimana cara membandingkannya dengan pesaing Anda? Berapa margin keuntungan Anda dengan menjual pada harga ini?
  1. Lokasi: Dapatkah produk dan layanan Anda dibeli? Ini lebih dari sekedar kantor rumah, ini harus menjadi tempat konsumen dapat membeli. Jika Anda berada di beberapa lokasi, Anda harus bekerja menghitung persentase penjualan dari setiap lokasi. Misalnya, apa strategi pemasaran Internet Anda? Apa strategi penjualan Anda? Bagaimana transaksi akan berlangsung, berapa biaya untuk mendapatkan produk / layanan kepada konsumen / pelanggan dan berapa penggantiannya? Kebijakan pengembalian Anda?
  1. Promosi: Menurut Anda, bagaimana pasar akan diinformasikan tentang produk atau layanan Anda? Bagaimana Anda akan memberi tahu mereka tentang fitur dan manfaat yang Anda tawarkan kepada mereka untuk mengontrol apa yang Anda tawarkan kepada mereka? Taktik pemasaran apa yang akan Anda gunakan dan apa yang Anda harapkan, apakah setiap metode akan membuahkan hasil? Sertakan informasi tentang insentif atau kupon diskon yang akan Anda gunakan untuk menarik bisnis.
  1. Kontak: Ini adalah “P” yang baru ditambahkan ke bauran pemasaran dan penting bagi orang lain untuk membantu Anda membuat atau menyampaikan produk atau layanan Anda. Siapa orang-orang ini (mis. Wiraniaga, asisten virtual) dan apa yang mereka lakukan (mis. Panggilan penjualan, layanan pelanggan)? Bagaimana tingkat pendidikan dan / atau pengalaman dalam memberikan bantuan untuk bisnis Anda?
Baca Juga :  Cara Buka Usaha Cuci Mobil: Modal dan Perlengkap 2021

Saat menulis rencana Anda, spesifiklah dengan menggunakan langkah-langkah rinci, visual, dan proyeksi anggaran. Ingatlah merek Anda (janji Anda kepada pelanggan) sehingga strategi pemasaran Anda sesuai dengan apa yang Anda ingin pelanggan alami saat berbisnis dengan Anda. Pastikan Anda mengacu pada strategi pemasaran Anda saat mengembangkan, mengevaluasi, atau memodifikasi rencana pemasaran Anda.

Jika Anda menggunakan rencana bisnis untuk mendapatkan pinjaman atau menciptakan investor, strategi pemasaran dan rencana pemasaran akan menjadi elemen kunci kesuksesan Anda. Seiring dengan produk atau layanan yang berkualitas, sumber pendanaan juga ingin melihat bahwa Anda memiliki rencana untuk menjangkau pasar Anda dan memahaminya.

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ 7 Jenis Strategi Pemasaran Digital Paling Efektif 2021[/su_box]

Cara Membuat Strategi Pemasaran Yang Efektif

1. Bedakan dalam Pemasaran

Dalam 10 poin, mungkin hal pertama yang harus dilakukan adalah membedakan. Saat ini, tidak ada 3-5 perusahaan dalam industri seperti sebelumnya. Jadi bagaimana kami menonjol? BERBEDA! Menjadi berbeda akan membawa Anda beberapa langkah ke depan dalam industri dan meningkatkan pendapatan Anda.

2. Tentukan Target Audiens Anda

2. Tentukan Target Audiens Anda

Salah satu aspek terpenting dari strategi pemasaran adalah mengidentifikasi siapa target audiensnya. Ini adalah salah satu prinsip dasar yang harus dipatuhi oleh pemasar dengan membentuk strategi pemasaran permanen. Dengan menentukan audiens target, pertanyaan selanjutnya yang harus diajukan adalah apa harapan untuk strategi pemasaran baru.

Mengajukan pertanyaan seperti ini tentang strategi sangat penting. Untuk menjangkau wirausahawan di bidang tertentu atau untuk memulai proyek baru, perlu untuk menentukan target audiens yang spesifik dan mencapai hasilnya.

3. Tujuan Pemasaran 

Jika Anda ingin menjadikan penjualan Anda permanen dalam bisnis Anda, Anda perlu menggunakan pemasaran secara efektif. Karena tidak ada anggaran yang tidak terbatas, Anda perlu menetapkan tujuan pemasaran untuk efisiensi dan pengelolaan anggaran yang efektif.

Baca Juga :  Catat, 7 Tren Pemasaran Digital 2021

4. Rumuskan Strategi Anda!

4. Rumuskan Strategi Anda!

Departemen pemasaran terus-menerus menilai ulang atau menilai ulang teknik atau strategi pemasaran mereka, tetapi memiliki rencana yang direncanakan dengan jelas berdasarkan kondisi kepuasan dapat membantu mengurangi kontak dengan vendor atau staf serta menjaga agar seluruh tim tetap pada pertimbangan yang sama.

Dengan berbagi dokumen pemasaran strategis yang jelas dengan karyawan Anda, Anda dapat memiliki anggota staf berkualitas yang tahu apa peran dan tanggung jawab mereka.

Ini mungkin tampak sederhana, tetapi pada akhirnya membantu menghemat waktu dan uang Anda. Menggunakan kalender pemasaran besar dibagi dengan bulan adalah teknik sederhana untuk bisnis. Daftar strategi startup teknologi dapat mencakup promosi produk, akuisisi audiens, pemasaran, hubungan masyarakat, media sosial, periklanan, dan aset merek.

5. Personalisasi

5. Personalisasi

Sebelum personalisasi menjadi merek seiring waktu, pemasaran selalu tentang menjadikannya personal. Menjaga agar tetap pribadi adalah tantangan dengan otomatisasi pemasaran, tetapi dasar-dasarnya masih berlaku. Pemasaran satu lawan satu tidak lagi menjadi pilihan tetapi juga kebutuhan untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan setia dan melibatkan pengikut.

6. Ingat: Konten masih menjadi raja

6. Ingat: Konten masih menjadi raja

Strategi pemasaran konten adalah salah satu faktor terpenting yang meningkatkan tingkat pemasaran dan penjualan. Namun, penulisan yang baik dan pengembangan konten yang berkualitas harus menjadi aturan yang bergantung pada sistem daripada proses yang dianggap independen dari industri dan strategi pemasaran Anda .

Pemasaran konten telah berkembang dari menjadi bagian dari strategi pemasaran menjadi salah satu strategi inti, tetapi waktu dapat menguntungkan bila proses ini dilakukan di rumah. Penting untuk menentukan apa yang dapat dipimpin oleh tim dan kapan harus menyewa seorang spesialis. Apakah Anda memiliki anggota tim dengan pengalaman desain grafis? Dia bisa tetap teguh. Jika Anda membutuhkan seseorang untuk menulis artikel, Anda dapat menyewa copywriter.

Jika memungkinkan, coba dan gunakan strategi hemat waktu. Jika sumber konten terbatas, jangan mencoba membuat semuanya dari awal.

Meskipun menghasilkan pemasaran konten yang baik bisa memakan waktu, ada beberapa strategi yang dapat membantu mempercepat prosesnya. Mendelegasikan penulisan atau penelitian kepada anggota tim yang berwenang, menjalankan kolom reguler yang berbagi format dasar yang sama, dan membuat konten baru yang mendukung atau meningkatkan konten yang ada dapat menghemat waktu Anda dalam strategi Anda.

Baca Juga :  Situs Survei Terpercaya Yang Menghasilkan Uang 2021

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ 15 Strategi Pemasaran Instagram Yang Mudah dan Cepat[/su_box]

7. Menciptakan kemitraan pemasaran

7. Menciptakan kemitraan pemasaran

Kemitraan pemasaran memiliki beberapa keuntungan untuk menjalankan kampanye pemasaran dan membangun aliansi. Sebagai permulaan, bisnis cenderung menawarkan konten yang lebih baik saat berkolaborasi dengan orang lain. Selain itu, lebih murah daripada metode tradisional untuk menciptakan kemitraan pemasaran, untuk mencapai kesuksesan lebih cepat dan untuk mempresentasikan merek kepada audiens baru.

8. Berkolaborasi dengan influencer

8. Berkolaborasi dengan influencer

Cara lain untuk mendapatkan audiens baru dan meningkatkan kesadaran merek adalah berkolaborasi dengan faktor level tertinggi di industri. Misalnya, untuk mempopulerkan platform streaming Microsoft, Mixer, kemitraan besar dibentuk dengan penerbit gamer terkenal Ninja, dan itu meningkatkan basis pengguna Mixer.

9. Menghasilkan Solusi untuk Masalah

9. Menghasilkan Solusi untuk Masalah

Memberikan solusi kepada pelanggan sebagai cara membangun loyalitas merek adalah cara yang bagus untuk membuat kesan abadi pada pelanggan. Menyajikan situasi khusus tentang pelanggan, memfasilitasi kehidupan mereka, menanggapi dan mendengarkan, aplikasi / alat, saluran sosial, buletin, dll. Mereka adalah teknik yang sangat penting dalam perkembangannya.

10. Gunakan Sumber Daya Tambahan

10. Gunakan Sumber Daya Tambahan

Apa pun produk atau layanan yang Anda tawarkan, pelanggan Anda ingin berinteraksi dengan perusahaan Anda atau setidaknya pelanggan lain. Sebagai contoh, American Express cukup pandai menghubungkan pemilik usaha kecil satu sama lain dan sumber daya bermanfaat melalui forum OPEN.

11. Karyawan Anda Adalah Juara Anda

11. Karyawan Anda Adalah Juara Anda

Biarkan karyawan Anda menjadi juara utama dan pendukung merek Anda. Sponsor dan bantuan komunitas membantu perusahaan mengenali semua aktivitas yang mempengaruhinya.

Misalnya , mensponsori perlombaan jalan raya yang mengumpulkan uang untuk penelitian kanker atau membuat video yang sesuai dengan komitmen merek akan memotivasi karyawan untuk membagikan video tersebut kepada teman-teman mereka.

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ 7 Contoh Strategi Digital Marketing Yang Efektif[/su_box]

12. Gunakan data besar untuk menargetkan pelanggan

12. Gunakan data besar untuk menargetkan pelanggan

Jika Anda ingin menjadikan penjualan Anda permanen dalam bisnis Anda, Anda perlu menggunakan pemasaran secara efektif. Karena tidak ada anggaran yang tidak terbatas, Anda perlu menetapkan tujuan pemasaran untuk efisiensi dan pengelolaan anggaran yang efektif. Data besar sekarang membantu pengecer menargetkan pelanggan tertentu dan dengan cepat menjadi populer dan digunakan di antara perusahaan sebagai seperangkat alat paling populer untuk memprediksi tren pembelian data besar.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *