Cara Buka Usaha Cuci Mobil: Modal dan Perlengkap 2021

Salah satu ide bisnis yang perlu dipertimbangkan bagi yang ingin memulai usaha baru adalah membuka tempat cuci mobil . Mereka yang penasaran cara usaha tempat cuci mobil sering bertanya-tanya seperti berapa modal yang dibutuhkan, perizinan dan perlengkapannya apa. Saya telah menyertakan jawaban atas semua pertanyaan di artikel ini.

Pertama-tama, yakinlah bahwa Anda bisa melakukan pekerjaan ini. Karena memulai bisnis bukanlah proses yang mudah. Banyak hal yang harus Anda atasi. Anda tidak boleh mengabaikan masalah seperti persaingan dengan pesaing, kepuasan pelanggan, pencucian kendaraan yang benar dan aman, tempat kerja, dan keselamatan karyawan.

Untuk membuka tempat pencucian mobil, penting untuk melakukan penelitian lapangan terlebih dahulu. Bertukar informasi tentang detail pekerjaan dengan seseorang yang Anda kenal yang melakukan pekerjaan ini atau tempat cuci mobil yang Anda cuci mobil sendiri. Dengarkan nasihat dari mereka yang ahli dalam bisnis ini. Analisis kelebihan dan kekurangan bisnis ini.

Saya dapat mengatakan bahwa tempat yang akan Anda pilih adalah yang paling penting di antara persyaratan untuk membuka pencucian mobil. Karena pilihan tempat akan membawa Anda langsung ke untung. Membuka bengkel cuci mobil di jalan yang macet, jadi bisa dibilang, di mana kendaraan berdengung, akan membuat Anda sukses.

Tempat yang sukses harus dekat dengan pusat perbelanjaan, di daerah dengan lalu lintas tinggi, di daerah pemukiman, mudah terlihat dari jalan, memungkinkan perluasan dan pertumbuhan komersial, dan memiliki cukup ruang untuk mobil berbaris.

Anda juga perlu memeriksa apakah ada toko pencuci mobil pesaing di sekitar saat memilih tempat. Jika ada satu atau lebih pencucian mobil di sekitar, Anda mungkin kesulitan untuk bersaing. Karena mereka memiliki basis pelanggan yang mapan dan peluang Anda untuk bersaing dengan mereka rendah. Itu sebabnya Anda harus melakukan riset yang baik saat memilih tempat.

[su_box title=”Baca Juga” style=”soft” box_color=”#6ed4ff” title_color=”#000000″ radius=”10″]150+ Nama Usaha Yang Bagus dan Mudah Di Ingat[/su_box]

Anda juga perlu memilih peralatan yang akan digunakan saat membuka toko. Karena jika menggunakan bahan yang kualitasnya jelek akan terus menerus rusak dan akan menyebabkan gangguan pada pekerjaan. Namun, Anda dapat melanjutkan bisnis Anda tanpa menoleh ke belakang dengan pemilihan material dan peralatan berkualitas yang akan memakan waktu lama. Jika Anda membeli secara grosir, Anda bisa mendapatkan bahan berkualitas dengan harga terjangkau. Jadi jangan mengira akan ada terlalu banyak biaya.

Cara Membuka Usaha Cuci Mobil

Anda telah memutuskan untuk membuka usaha pencucian mobil, tetapi jika Anda tidak tahu cara melakukannya, saya telah mencantumkan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk Anda di bawah ini.

Baca Juga :  5 Cara Jenis Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen

1. Buatlah Jadwal Pembukaan Toko Pencucian Mobil

Sebelum Anda masuk ke bisnis pembukaan usaha tempat cuci mobil, teliti industrinya secara menyeluruh. Bahkan jika Anda berasal dari dalam sektor tersebut, Anda perlu mengetahui perkembangan terkini agar bisa membuka tempat cuci mobil. Kunjungi toko pencucian mobil dan tentukan jenis pencucian mobil yang ingin Anda buka. Di antara pilihan Anda adalah jenis swalayan, otomatis, tanpa air, dan serupa.

Mencermati penjualan kendaraan akan menjadi data penting guna melihat potensi bisnis pencucian mobil. Akibatnya, peningkatan jumlah kendaraan di lalu lintas akan meningkatkan bisnis dan permintaan akan pencucian mobil juga meningkat. Memantau data penjualan mobil di sekitar Anda juga akan membantu Anda menghitung pelanggan tambahan yang mungkin datang ke bengkel cuci mobil Anda.

Lakukan penelitian tentang apa yang menjadi populer tentang industri dari Internet. Cari tahu ekspektasi seperti apa yang diminati orang-orang di tempat Anda akan membuka toko cuci mobil. Amati bagaimana pencuci mobil yang bertindak sesuai melayani.

Ikuti peralatan dan bahan yang baru dirilis di industri dan gunakan sebanyak mungkin. Mengikuti perkembangan pencucian mobil bisa menjadi fitur penting yang membedakan Anda dari orang lain. Produk baru umumnya hemat energi dan hemat biaya. Menggunakan energi secara efisien membuat Anda senang dari segi biaya.

2. Buat Analisis Pesaing

Pasti akan ada orang yang melakukan pekerjaan yang sama seperti Anda di wilayah yang sama. Jangan lari dari persaingan. Karena persaingan akan menjadi kekuatan pendorong bagi Anda dan alasan untuk menjadi lebih baik setiap hari. Jika Anda mengubahnya menjadi keuntungan, Anda akan menjadi pemenangnya.

Dengan melakukan analisis pesaing, Anda dapat melihat layanan apa yang mereka tawarkan berbeda dari Anda, dan Anda dapat meningkatkan diri sendiri pada masalah yang Anda lewatkan. Analisis mengapa pelanggan lebih menyukainya dan buat rencana tindakan yang sesuai. Jika perlu, pergilah ke tokonya sebagai toko misteri dan lihat layanan mereka di tempat.

Lihat kebijakan harga pesaing Anda. Lihat berapa biayanya dan apakah harga yang mereka tawarkan pulih. Bicaralah dengan pemilik bisnis dan tangani percakapan Anda seperti pelanggan biasa. Anda bisa mendapatkan informasi yang Anda inginkan karena itu akan membuat Anda tulus.

3. Buat Rencana Bisnis Terperinci

Dengan adanya business plan ini maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan pembiayaan yang dibutuhkan untuk membuka bengkel cuci mobil dan Anda akan dapat melihat detail usahanya dengan lebih baik. Usahakan untuk membuat business plan Anda sedetail mungkin agar detail kecil yang terlewatkan tidak akan menjadi masalah bagi Anda di kemudian hari.

Baca Juga :  3 Situs Alternatif Youtube Untuk Menghasilkan Uang

Bagian-bagian yang harus dimasukkan dalam rencana bisnis yang ideal; pengenalan, riset pasar, deskripsi perusahaan, organisasi dan manajemen, strategi pemasaran dan penjualan, produk dan layanan, informasi modal dan keuangan.

Di bagian pendahuluan, harus ada informasi seperti konten, ringkasan struktur administrasi Anda. Di bagian riset pasar, Anda harus menemukan hasil pemeriksaan dan penelitian Anda yang terkait dengan sektor tersebut.

[su_box title=”Baca Juga” style=”soft” box_color=”#6ed4ff” title_color=”#000000″ radius=”10″]200+ Contoh Nama Bengkel Yang Bagus, Keren dan Unik[/su_box]

Semua informasi tentang bengkel cuci mobil Anda harus disertakan dalam deskripsi perusahaan. Di sini Anda dapat memasukkan informasi seperti di mana Anda berada, berapa banyak orang yang Anda layani, volume bisnis Anda.

Di bagian organisasi dan manajemen, siapa melakukan apa, deskripsi pekerjaan yang dilakukan serta tugas dan kualifikasi karyawan harus disertakan.

Ini harus mencakup informasi seperti strategi pemasaran dan penjualan, cara menjangkau pelanggan, cara membuat iklan, dan metode untuk meningkatkan pengenalan toko.

Bagian produk dan layanan juga harus mencakup apa pun yang ditawarkan kepada pelanggan. Mengapa pelanggan harus memilih Anda daripada orang lain harus dimasukkan.

Bagian informasi permodalan dan keuangan merupakan bagian terakhir dan paling kritis. Karena agar bengkel cuci mobil Anda bisa bertahan, pendapatannya harus lebih dari pengeluaran. Uang yang tersisa untuk Anda setelah gaji karyawan dibayarkan akan memuaskan Anda.

Cara Membuka Usaha Cuci Mobil

Berapa Biaya dan Modal Pembukaan Usaha Cuci Mobil tahun 2021?

Setelah membuat business plan, Anda bisa beralih ke kalkulasi berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuka bengkel cuci mobil. Biaya membuka tempat cuci mobil akan berbeda-beda tergantung dari seberapa besar usaha yang Anda buka. Jika Anda berencana membuka ruangan yang sangat besar, biayanya bisa berlipat ganda.

Padahal, biaya membuka bengkel cuci mobil tidak terlalu tinggi. Karena ini akan menjadi bisnis yang menguntungkan, itu dapat menutupi biayanya hanya dalam 6 bulan. Tentu saja, biayanya mungkin berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Untuk modal pembukaan tempat cuci mobil, dapat dikatakan bervariasi antara 50.000 juta sampai 150.000 juta.

Biaya ini mungkin termasuk sewa tempat kerja, dekorasi, peralatan yang akan dibeli, bahan, biaya pendirian dan pengeluaran lainnya. Lainnya, kecuali sewa, memasukkan biaya satu kali atau biaya yang tidak akan Anda tanggung untuk waktu yang lama. Ini adalah biaya yang dikeluarkan sebelum membuka toko pencucian mobil.

[su_box title=”Baca Juga” style=”soft” box_color=”#6ed4ff” title_color=”#000000″ radius=”10″]7 Cara Mendapatkan Uang dengan Menulis di Ebook[/su_box]

Ada juga biaya yang harus dikeluarkan setelah membuka toko pencucian mobil. Ini; gaji karyawan, tagihan (listrik, air, dll), biaya akuntansi dan biaya lainnya.

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Membuka Usaha Pencucian Mobil

Perlengkapan yang akan Anda beli akan berbentuk sesuai dengan jenis dan ukuran usaha yang akan Anda buka. Jika Anda akan membuka usaha cuci mobil kecil, Anda membutuhkan peralatan yang relatif lebih sedikit. Peralatan yang diperlukan untuk membuka usaha cuci mobil dapat didaftar sebagai berikut:

  • Mesin cuci bertekanan
  • Penyedot debu
  • Mesin cuci kursi
  • Mesin semprot busa
  • Bahan kimia dan deterjen
  • Peralatan pengeringan
  • Sikat cuci mobil
  • Ember, tisu, selang, dll. perlengkapan lainnya
Baca Juga :  8 Ide Bisnis E-Commerce yang Menguntungkan untuk Dicoba di 2021

Poin yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membuka Usaha Pencucian Mobil

1. Pilih toko Anda dengan sangat baik. Jangan membuka toko di tempat yang tidak masuk akal di mana tidak ada yang mampir karena murah. Akan sangat bermanfaat jika Anda tidak memilih toko di daerah di mana terdapat pom bensin di dekat Anda yang dapat mencuci dengan 1 TL.

2. Beli alat pembersih dan busa terbaik, kompresor dan alat serupa yang akan Anda gunakan di tempat kerja Anda. Jangan memilih alat cuci yang kualitas jelek. Perhatikan kualitas produk Anda. Jika tidak, Anda terus-menerus berurusan dengan kerusakan atau membeli produk baru. Jangan sampai rugi sambil bilang biar untung.

3. Setelah dicuci, diiklankan kertas pembersih yang ditempelkan di kain pel, diiklankan parfum yang digantung di cermin, kain pembersih, dll. Pastikan untuk mendapatkan produk yang diiklankan. Periklanan selalu penting. Periklanan adalah faktor terpenting yang meningkatkan potensi pelanggan.

4. Sekalipun kendaraan di toko Anda penuh, sambutlah pelanggan Anda yang datang untuk mencuci dengan sopan dan beri tahu dia tentang waktu tunggu. Wajah yang tersenyum itu penting dan tidak ada orang yang tidak bisa dihilangkan. Untuk alasan ini, buat ruang tunggu untuk pelanggan Anda. Pastikan pelanggan Anda tidak bosan dengan menawarkan teh atau kopi.

5. Saat membuat rencana bisnis, perlu dicatat bahwa, secara umum, ~ 1 orang mencuci mobil interior dan eksterior dalam 20-25 menit, tempat pencucian mobil rata-rata buka antara pukul 10:00 dan 11:00, lebih sedikit pelanggan yang datang sebelumnya, dan pelanggan Anda mungkin kurang dalam enam bulan pertama rata-rata pengeluaran toko rata-rata 6 juta per bulan. Ingatlah bahwa Anda harus mencuci setidaknya 20 pencucian mobil per hari, dan bekerja pada hari libur. Pertimbangkan juga jam kerja yang panjang.

[su_box title=”Baca Juga” style=”soft” box_color=”#6ed4ff” title_color=”#000000″ radius=”10″]Cara Mendapatkan Uang di Instagram 2021: Panduan A hingga Z[/su_box]

6. Mempekerjakan personel yang berkualifikasi. Jika staf Anda melakukan ini untuk pertama kalinya, latih mereka. Mencuci motor sangat berisiko. Jangan mencuci mesin setiap kendaraan untuk personel non-spesialis Anda. Lakukan tindakan pencegahan yang diperlukan dengan mempertimbangkan kerusakan yang mungkin terjadi selama pencucian kendaraan mahal.

Itulah tadi modal dan perlengkapan usaha cuci mobil yang bisa jadi gambaran buat anda yang ingin membagun bisnis pencucian mobil.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *