Cara Dapat BLT UMKM Maret 2021: Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Caraqu.com – Di sini kamu akan belajar cara daftar dan dapat BLT UMKM dengan mudah. Berikut cara mendapatkan BLT UMKM 2021 yang akan berlangsung pada bulan Maret.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM atau biasa disebut Banpres Produktivitas Usaha Kecil (BPUM) akan terus berlanjut bagi UKM yang terkena pandemi kembali mulai Maret mendatang. Apa yang harus dicapai? Simak cara mendapatkan BLT UMKM berikut.

Awalnya, program bantuan ini tidak dimaksudkan untuk dilanjutkan. Namun karena antusiasme yang besar dari para pelaku UMKM tersebut, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan program ini.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mengusulkan kembali Program Teknis BLT UMKM; ai Rp2,4 juta untuk perpanjangan pada tahun 2021.

[su_box title=”Baca Juga” style=”soft” box_color=”#6ed4ff” title_color=”#000000″ radius=”10″]Cara Dapat Bantuan Langsung Tunai BLT UMKM Rp. 2,4 Juta, Simak Disini[/su_box]

Cara Menerima BLT UMKM 2021

Pembinaan BLT UMKM menyasar para pelaku UMKM yang belum pernah mendapatkan pinjaman atau bantuan serupa dari perbankan atau diketahui kurang memuaskan bagi perbankan.

Sedangkan bagi yang sudah mendapat bantuan dan sudah berhasil menjalankan usaha didorong untuk mengikuti program KUP super kecil.

Bagi Anda yang belum pernah mendapatkan bantuan UMKM ini bisa mendapatkannya dengan mengikuti cara memperoleh BLT UMKM 2021. Sembari menunggu peluncuran resmi program pemerintah ini, mulailah mempersiapkan segala persyaratan untuk mendapatkan BLT ini. Berikut syarat memperoleh BLT UMKM 2021:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Nomor identifikasi (NIK)
  • Punya bisnis kecil. Hal itu dibuktikan dengan surat saran dari calon penerima dan penentang BPUM beserta lampirannya.
  • Bukan pegawai negeri sipil (ASN), anggota BNA / Bole, pegawai BUMN atau BUMD.
  • Anda saat ini tidak menerima pembiayaan atau kredit dari bank dan KUR.
  • Melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk Perwakilan Usaha Kecil yang memiliki alamat KTP dan lokasi usaha yang berbeda. Untuk membuat SKU, klik https://oss.go.id/portal.
Baca Juga :  UPDATE 2021! Cek Daftar Nama TERBARU Penerima BLT UMKM Rp 2,4 Juta Seluruh Indonesia

Cara Daftar BLT UMKM

Setelah mempersiapkan dan memenuhi persyaratan di atas, pelajari bagaimana BLT UMKM dapat ditemukan di Action Points untuk memperkenalkan calon penerima BPUM dalam Pedoman Pelaksanaan BPUM.

[su_box title=”Baca Juga” style=”soft” box_color=”#6ed4ff” title_color=”#000000″ radius=”10″]Ayo Buruan, Subsidi Kuota Gratis Kemendikbud Menipis[/su_box]

  1. Calon penerima BPUM diusulkan oleh penawar BPUM
  1. Presenter BPUM memberikan usulan data calon penerima manfaat dari BPUM kepada cq menteri. Deputi bertanggung jawab atas program BPUM secara batch atau bertahap. Terdiri dari:
  • Nomor identifikasi (NIK)
  • Nama lengkap
  • Alamat tempat tinggal di KTP
  • lapangan kerja
  • nomor telepon
  1. Pemateri penerima BLT UMKM adalah:
  • Koperasi UKM dan kantor koperasi yang berbadan hukum sebagai badan hukum
  • Kementerian atau lembaga
  • Perusahaan perbankan dan keuangan terdaftar di OJK

Untuk mendaftar, calon penerima harus mendaftar ke Kepala Daerah / Kepala Kota Kecil dan Menengah Daerah (Kadiskop UMKM).

[su_box title=”Baca Juga” style=”soft” box_color=”#6ed4ff” title_color=”#000000″ radius=”10″]Mau Dapat Kuota Internet Gratis 15 GB Perbulan dari Kemendikbud, Ini Caranya[/su_box]

Penerima BLT UMKM selanjutnya akan diberitahukan melalui pesan singkat (SMS) oleh bank penyalur. Setelah itu, penerima harus segera mengecek ke bank transfer yang ditunjuk agar penukaran bisa dilakukan. Bank routing yang diidentifikasi adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), dan Bank Syariah Indonesia.

Anda dapat mengunjungi www.depkop.go.id sebagai referensi dan sumber informasi bagaimana memperoleh UMKM 2021.

Sekian saya membagikan tips cara agar dapat BLT UMKM 2021. Selamat mencoba!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *