12 Cara Membuat Video Marketing Yang Efektif dan Gratis

Cara Membuat Video Marketing Yang Efektif dan Gratis

Anda dapat membuat sendiri strategi pemasaran video marketing yang efektif untuk menarik perhatian audiens Anda, menjadi lebih terlihat dalam penelusuran, dan mengonversi prospek di corong konversi. 

Meskipun Anda baru memulai dengan strategi pemasaran video, Anda memerlukan peta jalan yang menunjukkan arti segala sesuatu, kemana tujuan Anda, dan bagaimana mengukur kesuksesan. 

Rencana Anda tidak perlu terlalu mendetail, tetapi Anda harus memiliki ide yang bagus tentang bagaimana cara membuat video marketing yang efektif dengan tujuan perusahaan Anda. Anda dapat memprioritaskan item berikut untuk pemosisian video atas nama merek Anda.

[su_heading size=”25″]Cara Membuat Video Marketing Yang Efektif dan Gratis[/su_heading]

Cara Membuat Video Marketing Yang Efektif dan Gratis

1. Demo

Video demo menunjukkan cara kerja suatu produk. Jadi, jika Anda telah mengembangkan software, Anda dapat merekam video yang menjelaskan cara menggunakan software tersebut. Atau Anda adalah perusahaan yang memproduksi furnitur bongkar model IKEA. Anda dapat merekam video yang menjelaskan bagaimana laci yang Anda jual dipasang.

2. Video Pengantar

Video merek sering kali menjadi bagian dari kampanye iklan ekstensif. Ada unsur-unsur perusahaan seperti misi, visi, produk dan jasa, kantor dan pabrik. Tujuan dari jenis video ini adalah untuk meningkatkan kesadaran perusahaan dan menarik perhatian pelanggan yang ada dan calon pelanggan.

3. Video Acara

Apakah sebuah acara diselenggarakan di perusahaan Anda? Apakah ada acara yang disponsori oleh perusahaan Anda? Apakah hari ashura tradisional diselenggarakan di perusahaan Anda? Berikut video acara untuk itu.

Baca Juga :  Download Realme Flash Tool Terbaru (Semua Versi)

4. Wawancara

Anda dapat berbagi informasi sektoral dan meyakinkan pelanggan target Anda tentang profesionalisme Anda dengan mewawancarai pakar yang bekerja di perusahaan Anda atau orang yang mengunjungi perusahaan Anda. Begitu

5. “Tutorial?” Video

Video tutorial atau panduan dibuat untuk mengajarkan sesuatu kepada audiens target Anda. Misalnya, saat Anda memperkenalkan produk baru ke pasar, Anda dapat menjelaskan fitur produk ini dengan 5-6 video pendek.

6. Deskripsi Video

6. Deskripsi Video

Jenis video ini dibuat agar pelanggan mempelajari tentang suatu produk atau layanan. Banyak video penjelasan menceritakan tentang masalah yang dialami pelanggan imajiner, proses memperhatikan solusi untuk masalah ini dan membeli produk. Atau, format ini dapat digunakan untuk menjelaskan subjek tertentu dengan berbagai visual dan wawancara, pidato dan grafik. Jadi kami dapat mengatakan bahwa ini adalah jenis video yang paling banyak digunakan.

7. Animasi

Video animasi dan infografis juga membantu menjelaskan topik yang sulit dijelaskan dengan cara yang lebih sederhana dan lebih mudah dipahami. Jadi katakanlah Anda memiliki pusat transplantasi rambut. Tidaklah mungkin untuk menunjukkan akar rambut secara nyata. Namun, dengan menyiapkan video animasi tentang hal ini, Anda dapat menjelaskan penghilangan rambut dari leher dan penempatan rambut ini di tempat yang akan dicangkok dengan lebih mudah.

8. Video Bukti Pelanggan

Misalkan produk yang Anda jual berhasil untuk pelanggan. Cara untuk membuktikannya dan menunjukkannya kepada prospek lain adalah dengan mewawancarai pelanggan dan mendapatkan pendapat mereka tentang produk tersebut.

9. Video Langsung

Ini adalah cara membuat video marketing yang efektif sangat bersahabat untuk menayangkan video langsung kepada pemirsa di balik layar di dapur perusahaan. Anda dapat menyiarkan presentasi, acara, dan peluncuran secara langsung dan berkomunikasi dengan penonton secara real time. Dengan cara ini, orang memahami bahwa Anda memiliki identitas yang tulus dan juga identitas korporat.

Baca Juga :  Cara Membuat Iklan Instagram ADS Lebih Efektif dan Tertarget

10. 360 Derajat Video

Jumlah kamera yang merekam video 360 derajat telah meningkat dan harga kamera ini turun ke tingkat yang wajar. Video ini, di mana pemirsa dapat menavigasi video 360 derajat, memberikan perasaan “seolah-olah mereka ada di sana” dan menawarkan pengalaman yang unik.

11. Video Realitas Virtual

Dengan video virtual reality, penonton dapat memindahkan dan mengontrol berbagai hal dalam video tersebut. Berkat kacamata realitas maya seperti Oculus Rift dan Google Cardboard, dapat dipastikan video realitas maya akan semakin populer di tahun-tahun mendatang. 

Ada juga video augmented reality. Ada berbagai kegunaan video augmented reality, di mana lapisan digital ditempatkan pada video yang dikenal. Dengan kata lain, saat Anda mengarahkan kamera ponsel ke kamar tidur rumah Anda, teknologi ini mengukur ukuran ruangan Anda dan menawarkan pilihan furnitur paling ideal untuk ruangan tersebut. IKEA berinvestasi besar-besaran dalam teknologi ini.

12. Video Pesan Pribadi

Video adalah format kreatif untuk mempertahankan percakapan, membalas email atau pesan. Misalnya, Anda bisa merayakan ulang tahun pelanggan penting dengan video yang disiapkan oleh perusahaan.

[su_heading size=”25″]Strategi Pemasaran Video Marketing[/su_heading]

Pengembangan kampanye pemasaran video banyak dilakukan dengan mengumpulkan riset pasar, analisis kompetitif, dan informasi pasar sasaran. Setelah Anda memiliki informasi ini dan membentuk strategi Anda, Anda dapat menentukan pesannya. Apa yang Anda ingin audiens dengar, lihat, dan rasakan? Pesan apa yang ingin Anda sampaikan? Apa itu ajakan bertindak? Setelah Anda menyusun strategi dan mengembangkan pesan Anda, Anda harus memilih perusahaan produksi untuk mewujudkan visi Anda. 

Tentu, siapa pun dapat membuat video marketing yang pendek, tetapi kualitas adalah yang terpenting. Video yang dibuat dengan baik akan selalu memberikan hasil yang lebih baik dan akan naik ke puncak dari sejumlah besar video yang tersedia secara online saat ini. Pemasaran video untuk bisnis dimulai dengan menetapkan sasaran pemasaran video Anda.

Baca Juga :  12 Aplikasi Edit Video Di iPhone Gratis & Terbaik 2020

[su_box title=”Baca Juga” style=”glass” box_color=”#6ed4ff” title_color=”#000000″ radius=”13″]

[/su_box]

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *