8 Cara Mencari Inspirasi Nama Merek Keren dan Kreatif

Inspirasi mencari Nama Merek

Mencari inspirasi nama merek keren dan kreatif sering kali menjadi tantangan. Dan segalanya menjadi lebih sulit karena keputusan harus dibuat oleh orang yang belum pernah menghadapi situasi seperti itu sebelumnya.

Tapi tujuan saya adalah membantu Anda. Kami telah menyiapkan untuk Anda informasi yang lebih berguna untuk mencari inspirasi memilih nama merek, serta serangkaian cara bijak untuk menghindari kesalahan yang paling sering.

Apa sebenarnya merek itu?

Merek dapat didefinisikan sebagai serangkaian asosiasi yang muncul di benak konsumen atau mitra bisnis ketika mereka memikirkan barang atau jasa yang dijual perusahaan atau citra perusahaan itu sendiri.

Pada saat yang sama, merek adalah salah satu elemen penentu, yang digunakan untuk membedakan produk dan layanan suatu perusahaan dari yang lain dengan karakteristik serupa.

Apa keuntungan memilih nama merek yang tepat?

Nah, jika kita sudah mengklarifikasi pentingnya sebuah merek, kita perlu melihat apa saja keuntungan dari memilih nama merek yang tepat. Tiga manfaat teratas adalah:

1. Kemudahan identifikasi perusahaan oleh konsumen atau calon konsumen;

2. Mempromosikan citra perusahaan, merekomendasikannya sebagai sumber terpercaya. Memilih nama merek adalah strategi pemasaran itu sendiri;

3. Kekuatan untuk menarik konsumen baru. Percaya atau tidak, banyak orang memilih mencoba layanan atau produk baru, hanya karena namanya terdengar bagus.

Misalnya, jika kita memiliki daftar restoran pizza yang layanannya belum kita gunakan sejauh ini dan tidak ada gambar di sampingnya, kita akan tergoda untuk memilih restoran pizza dengan nama yang paling menarik.

Apa saja elemen yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih nama merek?

Meski masih belum ada resep sukses yang dipatenkan untuk cara memilih nama merek, berikut beberapa hal yang perlu diingat.

1. Relevan

Jika Anda ingin bisnis Anda lebih dari sekadar SRL sederhana (SRL-D, PFA, atau bentuk hukum lainnya), solusi terbaik adalah memilih nama merek yang relevan dengan bidang aktivitas Anda.

Jadi, pikirkan tentang jenis produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan Anda. Selain itu, nama yang Anda pilih dapat digunakan untuk menyarankan bidang kegiatan yang Anda ikuti.

Misalnya, jika Anda memilih nama seperti “Fan Curier”, orang akan menyadari bahwa spesifikasi perusahaan Anda adalah melakukan pengiriman. Di sisi lain, carilah nama yang tidak membatasi Anda, jika Anda berencana untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga :  Apa itu Strategi Pemasaran dan Apa yang Paling Efektif?

Jika, misalnya, Anda memilih nama merek seperti “The Dress”, dan Anda berencana membuat setelan untuk pria suatu saat nanti, konsumen Anda akan merasa kesal.

2. Mudah diingat

Lupakan nama-nama yang rumit mulai sekarang, yang tidak lain akan mengganggu konsumen. Carilah nama sederhana yang terdengar bagus dan mudah ditanamkan di benak konsumen di masa mendatang.

Pada saat yang sama, sebaiknya hindari penggunaan tanda hubung, titik, dan simbol lain yang menyulitkan penulisan dan penghafalan kata / kata.

Misalnya, nama merek seperti “Don Cafe” jauh lebih mudah diingat daripada “Madam Cafe Nova”.

3. Kirimkan manfaat

Saat mencari nama merek untuk bisnis Anda, Anda perlu mempertimbangkan manfaat dan fitur positif yang dapat Anda tawarkan. Dan berikut beberapa contoh yang dapat membantu Anda:

kecepatan – jika itu adalah perusahaan pengiriman;

b. kenyamanan – jika itu adalah perusahaan furnitur;

c. profesionalisme – jika Anda memiliki perusahaan konsultan;

d. kesehatan – jika berupa makanan organik atau suplemen makanan;

e. kemewahan / kesejahteraan – jika itu adalah parfum;

f. kualitas – dalam hal perkakas.

Jika Anda tidak dapat melakukan ini melalui namanya, ada baiknya menggunakan simbolisme logo atau struktur slogan untuk menyampaikan informasi yang Anda inginkan.

Nama merek merupakan elemen terpenting dalam menciptakan sebuah merek. Kriteria terpenting saat membuat nama merek adalah:

  • Nama merek harus pendek, ringkas, dan menarik.
  • Nama merek harus memiliki ciri khas
  • Nama merek, makna dalam banyak bahasa harus diteliti dengan baik
  • Frasa yang terdiri dari nama merek, nama pendiri panjang, atau komponen harus dihindari.
  • Nama merek harus memiliki ciri-ciri yang mengawali proses komunikasi dan menarik perhatian mata dan telinga.

Baca Juga: 28 Contoh Desain Kartu Nama Keren dan Kreatif Terbaik 2020

8 Tips Mencari Inspirasi Membuat Nama Merek

Sekalipun Anda tahu apa itu nama merek, apa keuntungan yang Anda nikmati jika memilih yang tepat dan elemen apa yang harus Anda pertimbangkan saat menggunakan proses seperti itu, sepertinya masih ada yang kurang.

Hasilnya, kami telah menyiapkan panduan singkat bagi Anda untuk membuat nama merek yang sukses.

1. Kata kunci

Pikirkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda memiliki perusahaan katering dan Anda mencari nama yang cocok, cobalah mencari sesuatu yang berhubungan dengan makanan.

Secara khusus, dibutuhkan sesuatu untuk membuat orang berpikir tentang apa yang Anda lakukan.

2. Borrow

“Borrow” sebuah kata dari bahasa asing, tetapi pastikan Anda tahu persis apa artinya. Gunakan berbagai sumber untuk memahami konsep tersebut.

Misalnya, memilih nama merek dalam bahasa Inggris akan membantu Anda, terutama jika beberapa konsumen Anda berasal dari luar negeri atau jika Anda berpikir untuk mengembangkan bisnis Anda secara internasional.

Tetapi, jika Anda berniat untuk mempromosikan berbagai produk tradisional, keputusan ini tidak akan terbukti bijaksana.

3. “Lebih sedikit lebih baik”

Pikirkan Apple, merek smartphone dan gadget terkenal. Merek mereka adalah nama buah, kata yang juga cukup umum dalam bahasa Inggris.

Baca Juga :  Cara Buka Usaha Cuci Mobil: Modal dan Perlengkap 2021

Lebih tepatnya, ini adalah bagian dari kosakata dasar, mudah diucapkan dan diingat.

4. Minta Bantuan

Undang teman, keluarga, atau keluarga Anda ke pertemuan kecil dan coba temukan bersama solusi terbaik untuk membuat sebuah nama merek.

Ambil beberapa lembar putih dan tuliskan semua nama yang muncul di benak Anda. Berhati-hatilah untuk tidak menghilangkan apapun.

Lalu sorot dengan warna merah ide paling kreatif. Setelah mengambil kesimpulan, pastikan bahwa nama tersebut belum dimiliki oleh perusahaan atau perusahaan lain.

Dalam hal ini, lakukan penelusuran dengan nama itu dan lihat hasil yang Anda temukan.

5. Generator otomatis

Internet tidak hanya merupakan sumber dokumentasi yang sangat dermawan, tetapi juga merupakan bantuan yang dapat diandalkan dalam hal memilih nama merek.

Ada generator kata / frase otomatis yang dapat membantu Anda menemukan alternatif tertentu yang tidak terpikirkan oleh Anda.

6. Permainan suku kata

Banyak merek kreatif bermunculan dengan cara ini. Nama-nama yang ditemukan mungkin tidak masuk akal.

Ingat, nama merek harus mudah diingat dan diucapkan.

7. Nama yang tepat

Jika Anda memiliki bisnis seperti bisnis model canvas, Anda dapat menggunakan nama Anda sendiri untuk membantu orang lain mengidentifikasi Anda dengan lebih mudah.

Dengan menggunakan metode ini Anda akan dapat mencapai tujuan ganda. Di satu sisi, Anda akan mempromosikan bisnis Anda, dan di sisi lain, Anda akan mempromosikan diri Anda sendiri, sebagai seorang spesialis.

Tentunya cara ini juga melibatkan resiko tertentu. Anda bisa mendapatkan nama merek yang sepele atau yang terlalu canggih.

8. Terhubung dengan kenangan

Untuk menemukan nama yang menarik, coba pikirkan semua hal yang mewakili Anda.

Ingat saat-saat indah masa kecil Anda, hobi Anda, nama hewan peliharaan pertama Anda atau nama panggilan yang Anda gunakan untuk sahabat Anda.

Berusahalah untuk menemukan hubungan antara siapa Anda sebenarnya, bidang aktivitas Anda, dan layanan / produk yang ditawarkan.

Merek apa yang paling populer di dunia?

Berdasarkan infografik di bawah ini, pada tahun 2016, 10 besar merek terpopuler adalah Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, Apple, Google, Disney, Snapchat, Amazon, dan Netflix.

Apa kesamaan mereka? Selain produk dan layanan berkualitas, merek-merek ini juga berarti kampanye pemasaran yang dikembangkan dengan sangat baik sehingga merek mudah diidentifikasi.

Tapi apa sebenarnya arti menemukan nama merek ini? Kreativitas atau hanya keberuntungan? Untuk memperjelas banyak hal, saya memilih untuk menyajikan kepada Anda beberapa kisah sukses.

Apel

Seperti yang mungkin Anda ketahui, inisiatif untuk membuat perusahaan ini adalah milik Steve Jobs, yang awalnya ingin membuat jajaran PC yang sesuai dengan harapannya.

Namun, pemuda saat itu memutuskan untuk memilih nama merek yang sederhana dan sama sekali tidak mengintimidasi, yang terinspirasi dari pola makan buahnya.

Inspirasi mencari Nama Merek

Instagram

Instagram adalah hasil ide kreatif dua programmer Amerika: Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Nama platform memiliki cerita yang menarik, merepresentasikan kombinasi antara “insta” dan “gram”. “Insta” berasal dari kamera instan, kedua pemrogram sangat menyukai perangkat semacam itu.

Baca Juga :  Catat, 7 Tren Pemasaran Digital 2021

mengacu pada telegram dan melambangkan keinginan masa kecil para pendiri untuk mengirimkan gambar dalam bentuk telegram. Itu adalah nama merek yang dipilih dengan nostalgia.

Inspirasi mencari Nama Merek

Google

Perwakilan perusahaan memutuskan untuk memilih nama merek “Google“, istilah yang mendefinisikan bilangan yang diperoleh setelah melakukan perhitungan matematis, yaitu 10 pangkat 100.

Nama ini mengacu pada banyaknya informasi yang dapat diberikan Google kepada mereka yang mengakses mesin pencari, tetapi nama itu salah eja, sehingga menghasilkan “Google”.

Tetapi perwakilan perusahaan memutuskan untuk menyimpannya, mengingatnya lebih menarik daripada “Google”. Dan mereka melakukannya dengan baik, karena kebetulan nama merek yang menarik telah dibuat, yang sekarang ada di bibir semua orang.

Inspirasi mencari Nama Merek

Apa langkah selanjutnya setelah memilih nama?

1. Pastikan Anda membuat keputusan terbaik.

Jika Anda belum yakin akan hal ini, solusi mencari inspirasi nama merek terbaik adalah berbicara dengan tim atau karyawan Anda.

Pendapat mereka sangat penting, mengingat merek akan mewakili seluruh perusahaan.

Juga, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, jangan lupa untuk memeriksa apakah itu bukan milik orang lain.

Read Also: Download 22 Template Kartu Nama Keren dan Terbaik 2020

2. Daftarkan di DJKI

Jika itu adalah merek atau nama perusahaan, ide yang bagus adalah mendaftarkannya ke DJKI.

Jadi, lakukan sedikit riset dan cari tahu apa saja langkah-langkah untuk memiliki nama itu secara legal.

3. Temukan bidang yang tepat

Langkah penting lainnya adalah mendapatkan domain untuk situs web Anda. Nama situs web mungkin atau mungkin tidak menyertakan nama merek yang baru saja Anda pilih.

4. Periksa saluran Media Sosial dengan cermat

Kehadiran online tidak hanya berarti situs web presentasi, tetapi juga saluran Media Sosial untuk mempromosikan identitas merek Anda. Dan nama harus tersedia dalam kasus mereka juga. Selain itu, seharusnya tidak membingungkan.

Misalnya, jika ada halaman Facebook lain bernama Media Pion, orang mungkin bingung dengan Pion Media.

Logo dan nama merek mewakili dua elemen pemasaran yang saling melengkapi dengan sempurna dan tanpa strategi pemasaran apa pun terbukti tidak lengkap.

Setelah meninjau semua hal ini, saya penasaran untuk mencari tahu: bagaimana Anda memilih nama merek Anda? Atau jika Anda belum memilikinya, menurut Anda cara apa yang paling efektif untuk memilihnya?

Jika mau, Anda bisa mengambil contoh dari logo kami. Nama kami “Pion Media” dikaitkan dengan simbol yang diwakili oleh Pion, untuk secara tidak sadar memperkuat nama merek.

Baca Juga: Cara Membuat Logo Olshop Keren Hanya dengan Hp Android

6. Uji dampak merek Anda

Langkah selanjutnya untuk mencari inspirasi nama merek, Lakukan survei terhadap orang-orang yang dekat dengan Anda dan tanyakan pada mereka apa arti nama merek yang Anda pilih dan perasaan apa yang disampaikannya. Dengan cara ini Anda akan tahu apakah pesan Anda dipahami dengan benar.

Akhirnya, Anda dapat membuat survei singkat untuk didistribusikan ke kelompok sasaran Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *