Cara Mengatasi “Download Tertunda” di Google Play Store

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Cara Mengatasi “Download Tertunda” di Google Play StoreGoogle Play Store adalah aplikasi yang harus Anda gunakan ketika Anda ingin menginstal aplikasi di ponsel Android Anda. Dan memang seharusnya demikian, karena ini adalah lokasi unduhan terpenting untuk semua aplikasi. Sayangnya, dari waktu ke waktu, Anda tidak dapat menginstal aplikasi di ponsel atau memperbarui aplikasi yang ada. Ini memberikan kesalahan menunggu unduhan dan macet. Dalam posting ini, kami akan memberi tahu Anda cara memperbaiki Google Play Store macet sambil menunggu masalah unduhan.

Anda juga mungkin mendapatkan kesalahan ini dalam bentuk “unduhan tertunda” atau tidak dapat mengunduh dari Play Store. Semua solusi yang disebutkan dalam posting ini akan berfungsi untuk masalah ini juga. Mari kita lihat cara memperbaiki masalah Google Play Store seperti menunggu unduhan di ponsel Android.

1. MULAI ULANG TELEPON

Anda harus mencoba memulai ulang ponsel atau tablet Android Anda. Terkadang langkah kecil ini memberikan hasil yang bagus untuk Mengatasi “Download Tertunda” di Google Play Store tanpa menyentuh pengaturan lain.

2. PERIKSA KONEKSI INTERNET

Apakah koneksi data berfungsi di ponsel Anda? Buka situs web apa pun di browser seluler Anda untuk memeriksa apakah koneksi internet aktif. Mungkin data seluler atau Wi-Fi Anda tidak berfungsi dan inilah alasan di balik menunggu kesalahan unduhan di Play Store.

3. PERIKSA RUANG PENYIMPANAN YANG TERSEDIA

Apakah ada cukup ruang di perangkat Anda untuk mengunduh atau memperbarui aplikasi yang diperlukan? Untuk memeriksanya , buka Pengaturan telepon > Penyimpanan . Anda akan mendapatkan gambaran umum mendetail tentang penyimpanan yang tersedia. Jika ponsel Anda kehabisan ruang penyimpanan, mulailah dengan menghapus aplikasi dan data yang tidak perlu untuk mengosongkan ruang dari ponsel Anda.

Baca Juga :  Cara Perbaiki Nomor IMEI Tidak Valid / Hilang di Android

Selain itu, jika Anda menggunakan kartu SD, Anda juga harus melihat ruang penyimpanan yang tersedia. Jika masalah berlanjut, hapus dari ponsel Anda lalu coba unduh aplikasi.

4. PERIKSA TANGGAL DAN WAKTU TELEPON ANDA

Terkadang karena tanggal dan waktu yang salah di ponsel Anda, Google Play Store berhenti mengunduh aplikasi dan itulah alasan untuk menunggu kesalahan unduhan. Untuk memperbaiki “Download Tertunda” di Google Play Store, Anda perlu mengoreksi tanggal dan waktu di ponsel Anda.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk ini:

  1. Buka Pengaturan Telepon dan pergi ke Sistem.
  2. Ketuk tanggal dan waktu . Selanjutnya, aktifkan sakelar di sebelah Tanggal dan waktu otomatis . Jika sudah diaktifkan, matikan lalu aktifkan lagi.
  3. Nyalakan ulang ponsel dan coba unduh aplikasi dari Play Store.

[su_box title=”Baca Juga” style=”noise” box_color=”#a3e2fd” title_color=”#000000″]

[/su_box]

5. PERIKSA PREFERENSI UNDUHAN APLIKASI

Play Store hadir dengan pengaturan asli yang memungkinkan Anda memilih jenis jaringan untuk mengunduh aplikasi Anda. Anda dapat memilih Wi-Fi saja, jaringan apa pun, atau bertanya setiap kali. Pengaturan ini juga bisa menjadi alasan menunggu unduhan atau masalah unduhan.

Untuk memperbaikinya, buka Play Store dan ketuk ikon tiga-bar di bagian atas. Ketuk Pengaturan. Ketuk preferensi unduhan aplikasi. Pilih Melalui jaringan apa pun.

6. NONAKTIFKAN PEMBARUAN OTOMATIS

Dari waktu ke waktu, unduhan aplikasi baru macet karena pembaruan otomatis di Play Store. Untuk memperbaikinya, Anda perlu mematikan pembaruan otomatis.

Untuk itu, buka Play Store dan coba unduh atau perbarui aplikasi. Selanjutnya, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan hapus centang pada kotak di sebelah Aktifkan pembaruan otomatis . Menonaktifkannya memperbaiki kesalahan unduhan yang tertunda di Play Store.

Anda juga dapat menonaktifkan pembaruan otomatis dengan membuka Pengaturan Play Store. Selanjutnya, ketuk Perbarui otomatis aplikasi dan pilih Perbarui otomatis aplikasi.

Baca Juga :  Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di Android, iPhone dan PC

7. PERIKSA SETELAN KONTROL ORANG TUA

Sudahkah Anda mengaktifkan kontrol Parental di Google Play Store? Lihatlah mereka. Mereka mungkin mengganggu unduhan Anda. Untuk itu, buka Pengaturan Play Store. Ketuk pada kontrol orang tua. Biarkan kontrol orang tua dinonaktifkan atau sesuaikan secara berbeda.

8. HAPUS DATA PLAY STORE

Menghapus cache dan data adalah dua hal yang terpisah. Mulailah dengan membersihkan cache Play Store. Jika itu tidak memperbaiki masalah, hapus data untuk itu. Menghapus cache atau data tidak akan menghapus aplikasi yang diinstal atau data lain dari ponsel Anda. Namun, menghapus data akan mengeluarkan Anda dari Play Store.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan Telepon dan buka Aplikasi & notifikasi atau Aplikasi terinstal atau Manajer Aplikasi.
  2. Temukan Google Play Store di bawah Semua Aplikasi.
  3. Tap Penyimpanan. Selanjutnya, ketuk Hapus cache. Hidupkan ulang ponsel Anda.
  4. Jika masalah terus berlanjut, kosongkan juga cache untuk Layanan Google Play di bawah Semua aplikasi.
  5. Terakhir, jika tidak ada yang berfungsi, ketuk Hapus data atau penyimpanan di langkah 3 untuk Google Play Store dan Layanan Google Play.

9. BERIKAN IZIN YANG DIBUTUHKAN

Google Play Store dan Layanan Play memerlukan izin tertentu agar berfungsi dengan baik. Pastikan mereka memiliki semua izin yang diperlukan seperti Penyimpanan dan lainnya.

Untuk memeriksa dan memberikan izin, buka Pengaturan telepon> Aplikasi & pemberitahuan. Di bawah Semua aplikasi, ketuk di Google Play Store, lalu Izin Aplikasi. Selanjutnya, izinkan izin Penyimpanan.

10. MEMPERBARUI WEBVIEW SISTEM ANDROID

Anda juga harus memeriksa apakah ada pembaruan untuk aplikasi System WebView yang sudah diinstal sebelumnya. Untuk itu, buka Play Store dan cari Android System WebView. Anda dapat membuka Tampilan Web Sistem Android di Google Play Store untuk web secara langsung. Ketuk Perbarui (jika tersedia).

11. NONAKTIFKAN VPN

Apakah Anda menggunakan VPN di ponsel Anda? Coba nonaktifkan sebentar. Selanjutnya, unduh atau perbarui aplikasi dari Play Store. Saya harap kesalahan menunggu unduhan menghilang. Terkadang itu terjadi karena ada masalah dengan aplikasi VPN.

12. SETEL ULANG PREFERENSI APLIKASI

Ponsel Android hadir dengan berbagai pengaturan seperti data latar belakang, batas penggunaan data, dan lainnya yang dapat memengaruhi unduhan di Play Store. Alih-alih memperbaikinya satu per satu, Anda dapat mengatur ulang preferensi aplikasi untuk memulihkan semua pengaturan ke nilai defaultnya. Melakukan ini akan memperbaiki masalah.

Baca Juga :  Download Google Camera (GCam) Redmi Note 7 / 7 Pro

Jika Anda khawatir tentang mengambil langkah, cari tahu secara detail apa yang terjadi dengan mengatur ulang preferensi aplikasi. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan Telepon dan buka Aplikasi & pemberitahuan / Manajer Aplikasi.
  2. Buka semua aplikasi dan ketuk ikon tiga titik di bagian atas. Pilih Reset preferensi aplikasi. Konfirmasikan di layar berikutnya.

13. HAPUS PEMBARUAN PLAY STORE

Google Play Store dan Layanan Play diperbarui secara otomatis di latar belakang. Terkadang mereka tidak memperbarui seperti yang diharapkan dan karenanya Anda mendapatkan kesalahan seperti unduhan yang tertunda atau unduhan yang tertunda.

Untuk memperbaikinya, Anda perlu menghapus Play Store dan pembaruan Layanan. Untuk ini, buka Pengaturan telepon > Aplikasi dan pemberitahuan> Google Play Store . Ketuk ikon tiga titik di bagian atas dan pilih Copot pemasangan pembaruan . Lakukan hal yang sama untuk Layanan Play.

Melakukannya hanya akan menghapus pembaruan terkini. Itu tidak menghapus Play Store dari ponsel Anda. Tunggu 5 menit hingga Play Store dan Layanan memperbarui di latar belakang lagi. Kemudian coba instal aplikasi.

14. PERBAHARUI PLAY STORE SECARA MANUAL

Terkadang, masalah tetap ada bahkan setelah menginstal ulang Play Store seperti yang ditunjukkan di atas. Ini mungkin karena versi Play Store saat ini adalah bug. Anda harus kembali ke versi sebelumnya atau versi lain dan menginstalnya secara manual.

[su_box title=”Baca Juga” style=”noise” box_color=”#a3e2fd” title_color=”#000000″]

[/su_box]

15. MATIKAN BLUETOOTH

Banyak pengguna, terutama pemilik ponsel Samsung, menyarankan agar mematikan Bluetooth di ponsel mereka memperbaiki masalah bagi mereka. Anda harus mencoba melakukannya juga. Ini mungkin masalah sementara.

Terakhir, jika tidak ada yang berhasil, Anda harus menghapus akun Google dari ponsel Anda. Melakukannya akan menghapus semua data yang disinkronkan di ponsel Anda. Semoga ini cara Mengatasi “Download Tertunda” di Google Play Store.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *