Cara Menggunakan Tor Browser Di Android, Masuk Ke Deep Web

Cara Menggunakan Tor Browser Di Android

Cara Menggunakan Tor Browser Di Android – Dirancang untuk melindungi Anda dan memastikan privasi Anda saat menjelajah Internet, Tor Browser telah menjadi peramban populer untuk Windows, macOS, dan Linux. Tor Browser juga telah tersedia di Android sejak lama. Versi Tor Browser resmi saat ini tersedia di Google Play dan dapat diinstal di ponsel atau tablet Android apa pun.

Tor Browser memblokir iklan di perangkat Android, seperti versi komputer, dan mencegah pelacak pihak ketiga memata-matai aktivitas online Anda. Cookies secara otomatis dihapus ketika Anda keluar dari sebuah situs. Tor juga mencegah pengiklan dan perusahaan lain melacak dan menganalisis lalu lintas web Anda untuk melihat situs mana yang Anda kunjungi.

Apa itu Tor Browser?

Apa itu Tor Browser?

Tor dikenal sebagai singkatan dari ” The Onion Router “, yang mengacu pada beberapa lapisan enkripsi dan digunakan untuk melindungi privasi para pecinta teknologi . Tujuan utama Tor adalah menyembunyikan jejak Anda di internet. Singkatnya, saat Anda menggunakan browser Tor, Anda dapat berselancar dan mengunduh secara anonim di internet.

Tor Browser, pertama kali oleh Angkatan Laut Amerika Serikat selama operasi intelijen komunikasi pemerintah AS juga telah dikembangkan untuk melindungi  reputasi senjata guna melindungi privasi online dan organisasi nirlaba kami yang  dikenal sebagai.

Untuk menguraikan lebih banyak, Tor bekerja dalam logika Onion  Routing  , salah satu struktur jaringan anonim. Saat Anda mengirim permintaan ke situs web melalui Tor, permintaan dikirim melalui setidaknya 5 server. Setelah permintaan dievaluasi oleh server pertama, itu diteruskan ke server kedua. Kemudian server kedua mengevaluasi permintaan tersebut dan mengirimkannya ke server ketiga.

Kelebihan dan Kekurangan Tor Browser

Tor Browser memberikan kecepatan koneksi yang lebih lambat dari pada browser internet biasa karena Tor Browser terhubung melalui banyak jalur server dalam hal kecepatan.

Dengan kecepatan internet Anda di atas nilai tertentu, Anda dapat langsung meningkatkan kualitas koneksi Anda dengan Tor.  Memiliki kecepatan unduh minimal 20 MBPS  memudahkan Anda terhubung ke internet dengan Tor.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Browser TV Android Terbaik 2021

Jika Anda terhubung ke jaringan yang dibatasi dengan cara apa pun menggunakan VPN atau proxy melalui Tor, opsi kedua adalah mengkonfigurasi pengaturan proxy Anda secara manual. Meskipun hubungan antara keduanya terdengar agak rumit, Tor dan VPN dapat digunakan bersama.

Meskipun Anda tidak memiliki detail teknis, sangat penting untuk mengetahui pro dan kontra masing-masing. Menggunakan Tor dan VPN secara bersamaan mengurangi kecepatan internet, jadi menggabungkan keduanya membuat penurunan ini semakin jelas.

Saat menggunakan Tor over VPN, komputer streaming Anda   menonton > VPN> Tor> internet . Manfaat penggunaan ini adalah meskipun penyedia layanan internet Anda tahu bahwa Anda menggunakan VPN, mereka tidak akan tahu bahwa Anda menggunakan Tor.

Namun bertentangan dengan kepercayaan populer, Tor bukanlah VPN atau aplikasi browser dengan VPN bawaan. Baik teknologi Tor maupun VPN memungkinkan Anda mencari di internet secara pribadi, tetapi kenyataannya, keduanya ditawarkan sebagai teknologi yang sangat berbeda satu sama lain.

Baca Juga:

Mengapa Menggunakan Tor Browser?

Jaringan Tor bertujuan untuk menyembunyikan identitas Anda dengan mentransfer interaksi Anda di internet ke server Tor yang berbeda   Ini memberikan privasi dan keamanan lengkap terhadap siapa pun yang mencoba memantau aktivitas Anda, seperti peretas dan pencuri identitas.

“Apa itu Tor?” Anda mungkin telah menerima jawaban Deep Web terlebih dahulu untuk pertanyaan tersebut. Tor mengakses situs web yang tidak terdaftar di mesin pencari mana pun karena satu dan lain alasan. Iceberg digunakan sebagai analogi populer untuk menggambarkan Deep Web.

Ketika Tor disebutkan, gerbang ke lapisan internet yang dikenal sebagai ” Deep Web”  atau ” Dark Web ” muncul di benak Anda . Meskipun ini mungkin terdengar agak menyeramkan dan asing, Deep Web sebenarnya mencakup sebagian besar internet.

Yang dapat dicari melalui mesin pencari yang sering digunakan hanyalah wajah gunung es yang terlihat. Bagian internet lainnya dikenal sebagai Deep Web, bagian di bawah permukaan.

Bertentangan dengan apa yang sering dikatakan, situs Tor tidak digunakan untuk aktivitas ilegal di internet. Browser Tor sering kali disukai oleh mereka yang tinggal atau bekerja di negara dengan batasan internet.

Baca Juga :  9 Aplikasi Browser Android Terbaik, Ringan & Cepat 2021

Dengan menggunakan tor browser di android, Anda tidak hanya dapat menyembunyikan aktivitas internet Anda, tetapi juga menjaga kerahasiaan informasi Anda di internet.

Cara Menggunakan dan Menyesuaikan Tor Browser di Android

Pertama, donwload dan install Tor Browser di perangkat Anda dari Google Play dan jalankan aplikasi Tor.  Ketuk tombol Connect untuk membuat koneksi pertama ke jaringan Tor  . Setelah koneksi dibuat, jendela Set Your Security Level terbuka. Dari sini, pilih opsi keamanan untuk Anda, gulir ke bawah jendela dan ketuk tombol navigasi Mulai . Sekarang Anda dapat menjelajahi internet di jaringan Tor.

Cara Menggunakan Tor Browser Di Android

Untuk membuka tab baru di Tor, ketuk nomor tab di kanan bawah dan ketuk tombol + Penyamaran . Halaman penjelajahan pribadi baru yang Anda buka memblokir semua item yang dapat memantau aktivitas penjelajahan Anda dan tidak disimpan sebagai bagian dari riwayat penjelajahan Anda.

Dengan cara ini Anda dapat terus membuka lebih banyak tab. Untuk mengelola halaman tab Anda, ketuk ikon tab. Anda dapat menutup halaman yang diinginkan dengan menyentuh X di halaman tab. Anda dapat menutup  semua halaman yang terbuka dengan memilih Tutup Semua Tab dengan mengetuk ikon elipsis.

Anda dapat mengubah pengaturan keamanan di Tor Browser kapan saja. Untuk melakukan ini dari halaman web mana pun yang terbuka, ketuk ikon tiga titik, ketuk Pengaturan dan pilih Pengaturan Tingkat Keamanan . Jika Anda belum mengubahnya selama penyiapan awal, pengaturan keamanan Standar default adalah opsi yang paling tidak aman karena mengaktifkan semua fitur browser dan situs web Tor. Jika Anda ingin menguji Tor terhadap potensi serangan dan situs web berbahaya, Anda dapat mengatur slider keamanan menjadi Lebih Aman atau Teraman .

Ketika pengaturan Lebih Aman diaktifkan, video HTML5 dan media audio menjadi klik-untuk-putar melalui NoScript, semua pengoptimalan kinerja JavaScript dinonaktifkan, beberapa persamaan matematika mungkin tidak ditampilkan dengan benar, beberapa fitur rendering font dinonaktifkan, beberapa jenis tampilan dinonaktifkan, dan JavaScript, HTTPS Ini dinonaktifkan secara default di semua situs yang tidak ada.

Baca Juga :  Cara Jual Foto Di Shutterstock Untuk Mendapat Uang

Pengaturan Teraman mencakup semua batasan di pengaturan Aman, tetapi sebagian besar format video dan audio dinonaktifkan, JavaScript dinonaktifkan secara default di semua situs, dan beberapa font dan ikon mungkin tidak ditampilkan dengan benar.

Anda dapat menjelajahi pengaturan lain untuk keamanan dan privasi. Ketuk ikon tiga titik dan pilih Pengaturan. Pada layar Pengaturan, ketuk pengaturan PencarianDuckDuckGo adalah mesin pencari default karena fokusnya pada privasi pengguna , tetapi Anda dapat menggantinya dengan Google, Bing, atau situs lain.

Saat Tor Browser aktif, itu akan menampilkan ikon “Tor Onion” di sudut kiri atas bilah notifikasi. Saat jaringan Tor dinonaktifkan, ikon di bilah notifikasi akan menghilang. Di dalam ikon “Tor Onion” ada dua anak panah, masing-masing menunjuk ke arah yang berbeda.

Baca Juga:

Mengonfigurasi Pengaturan Keamanan Tor Browser

Pengaturan keamanan Tor Browser memiliki “Pengaturan Tingkat Keamanan” seperti yang kami sebutkan di atas dengan tiga opsi berbeda untuk dipilih: Standar, Lebih Aman, dan Paling Aman.

Fitur tertentu dari browser web biasa dapat membuat Anda terpapar serangan man-in-the-middle . Juga, ada kesalahan di situs web yang mengungkap identitas pengguna. Menyetel penggeser keamanan ke setelan tinggi akan menonaktifkan kerentanan ini. Ini akan membuat Anda lebih aman dari penyerang yang dapat mengganggu koneksi internet Anda atau mengeksploitasi kerentanan baru dan tidak dikenal. 

Sayangnya, mengubah pengaturan ini ke opsi yang lebih aman dapat membuat beberapa situs web tidak tersedia. Pengaturan standar rendah atau “Standar” sesuai untuk perlindungan privasi sehari-hari, tetapi Anda dapat mengaturnya ke “Lebih Aman” atau “Teraman” jika Anda khawatir tentang penyerang tingkat lanjut atau bukan masalah karena beberapa situs web tidak ditampilkan dengan benar.

Terakhir, menjelajah dengan Tor berbeda dari pengalaman menjelajah internet biasa dalam beberapa hal. Anda dapat memilih untuk menjadikan Tor untuk Android sebagai peramban bawaan Anda jika Anda mau, namun perlu diingat bahwa proses “booting” untuk Tor akan terjadi setiap kali peramban dimulai.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *