Hati-hati Penawaran Kuota Gratis! Bahaya Mengintai, Berikut Cara Agar Terhindar

Banyaknya promo dan dukungan berbagi vendor komunikasi maupun pemerintah terhadap pemberian kuota gratis. Nyatanya, malah dimanfaatkan oleh oknum tidak baik untuk mengeruk keuntungan pribadi melalui banyak cara. Misalnya saja, iming-iming broadcast kuota bebas pakai secara gratis, atau hadiah kuota melimpah dalam jumlah banyak.

Sayangnya, meski sudah banyak edukasi mengenai hal ini. Oknum jahat tetap saja punya cara untuk mengelabuhi masyarata. Sehingga diperlukan tips agar tidak terjebak infomasi palsu terkait pemberian kuota gratis tersebut.

Kenapa Harus Waspada Untuk Penawaran Kuota Gratis?

1. Scammer Bisa Memanfaatkan Secara Jahat

Zaman semakin berkembang,demikian juga cara kerja black hacker yang mengeruk keuntungan untuk kepentingan  pribadi. Sehingga, dari link yang terkirim dan kita klik untuk masuk, tersimpan malware yang siap menginfeksi perangkat komunikasi untuk mengambil data-data penting lainnya.

Siap-siap saja pada kemungkinan terburuk, yaitu tersadapnya data perbank-an dan transaksi keuangan lain. Belum lagi filef-file penting lain yang privasi, tentu sangat merugikan jika sampai bocor. Meski dalam skala terendah hanya sebatas rusaknya perangkat, tapi tetap saja link sesat itu berbahaya.

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ Cara Terbaru Dapatkan Kuota Gratis Beberapa Vendor Telekomunikasi[/su_box]

Jika mendapatkan link referensi untuk kuta gratis, dengan copy writing meyakinkan, siapa yang curiga jika itu jebakan? Belum lagi jika nama link dimodiikasi untuk jendela web yang dibangun untuk kepentingan tertentu.

Misalnya saja jika link yang diminta diisi, nyatanya kita tidak dituntun untuk mendapatkan kuota gratis. Melainkan ke sebuah bentuk bisnis referall yang membuat pemilik link mendapatkan keuntungan dari data pribadi yang kita input. Mengerikan sekali bukan?

Lalu, seperti apa cara agar tidak terjebak dalam iming-iming bonus kuota gratis tersebut? Mudah saja sebenarnya. Tinggal ikuti alur yang seharusnya dan rahasiakan data diri dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ BLT Mahasiswa Kembali Cair April 2021, Cek Syarat dan Daftarnya[/su_box]

Cara Agar Terhindar Dari Jebakan Penawaran Kuota Gratis

1. Rahasiakan Data Diri

Jika diminta memasukkan nomor KTP atau data diri lain, maka segera nyalakan alarm waspada. Segera cari informasi mengenai aturan seharusnya seperti apa. Jika sesuai maka, aman saja. Namun jika tidak, lebih baik abaikan saja.

2. Lihat Landingpage atau Domain Websitenya

Banyak domain dengan nama similar yang membingungkan. Jadi haru tahu, website-website resmi yang diberikan pemerintah untuk urusan kuota gratis ini. meski nama sama, maka lihat bagian belakang setelah tanda titik. Kalau resmi, biasanya .co.id atau go.id. jika bentuknya .com, net atau lainnya, cek lagi dan jangan asal masuk.

3. Rahasiakan Kode OTP

Hanya diri sendiri dan Tuhan saja yang boleh tahu kode OTP. Saking rahasia dan berharganya kode ini. Karena ini pintu utama, untuk validasi kebenaran data diri di internet. Jadi, jika ada kode OTP masuk, maka segera waspada. Jika ada yang memintanya, baik mengatas namakan lembaga resmi sekalipun, abaikan. Cepat-cepat verifikasi dan kroscek.

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair, Simak Syarat dan Cara Daftarnya[/su_box]

Nah, sudah bisa lebih tenang dalam menghadapi dunia tipu-tipu terkait pembagian kuota gratis? Intinya, jangan mudah terbujuk dan ikuti petunjuk dari yang berwenang atau orang terpercaya.

Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version