25 Jenis Strategi Pemasaran Efektif 2021

Seperti kebanyakan orang yang bekerja di industri ini, pemasaran digital lahir di tahun 90-an. Sejak itu, pemasaran berubah sangat cepat. Berbagai jenis strategi pemasaran telah bermunculan. Kami sekarang Macam – Macam Strategi Pemasaran.

Jadi apa yang kita ketahui tentang strategi dan pemasaran serta tipenya? Sebenarnya definisi pemasaran itu sangat mudah:  Pemasaran ; mengubah produk, bakat, dan layanan menjadi nilai (nilai ini bisa berupa uang, utilitas, atau pengetahuan). 

Cabang-cabang pemasaran ikut bermain di bagian periklanan. Tapi jenis strategi pemasaran apa Jelas bahwa ada banyak hal yang harus ditulis tentang ini. Kami telah meneliti dan mengumpulkan jenis strategi pemasaran yang efektif di dunia digital untuk Anda.

Macam – Macam Jenis Strategi Pemasaran Yang Efektif 2021

1. Pemasaran Berbasis Akun

Pemasaran berbasis akun adalah jenis strategi pemasaran yang sangat terfokus di mana tim memperlakukan pelanggan mereka persis seperti pasar mereka sendiri . Tim pemasaran membuat konten, mengatur acara, dan menjalankan kampanye khusus hanya untuk mereka yang terkait dengan akun ini, bukan orang lain .

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ 7 Jenis Strategi Pemasaran Digital Paling Efektif 2021[/su_box]

2. Pemasaran Akuisisi

Pemasaran akuisisi membawa pengunjung baru ke situs Anda melalui pengoptimalan mesin telusur, iklan berbayar, copywriting, pengoptimalan tingkat konversi, kampanye pembuatan permintaan pelanggan.

3. Pemasaran Afiliasi

Affiliate marketing adalah pembayaran komisi untuk setiap pelanggan yang diarahkan penjual ke situs web, melalui promosi, ke produk mereka sendiri . Situs web hanya dapat menerima pembayaran saat rujukan ini menjadi penjualan .

4. Pemasaran Merek

Pemasaran merek membentuk persepsi merek di mata publik dan menciptakan ikatan emosional dengan audiens target melalui penceritaan, kreativitas, humor, dan inspirasi .

5. Pemasaran Rumor

Pemasaran rumor adalah jenis strategi pemasaran jasa dari mulut ke mulut menggunakan konten kreatif, acara interaktif, dan pemberi pengaruh di komunitas, dan strategi pemasaran viral yang menghasilkan ekspektasi tentang produk atau merek baru .

6. Pemasaran Kampus

Pemasaran kampus merekrut siswa untuk menjadi duta merek Anda . Para siswa ini memasarkan produk Anda dengan mendirikan stan atau mendistribusikan hadiah .

7. Cause Marketing

Pemasaran yang berorientasi pada tujuan adalah jenis tanggung jawab sosial perusahaan yang bertujuan untuk mengembangkan masyarakat dan meningkatkan kesadaran merek dengan mendukung tujuan yang baik .

8. Pemasaran Konten

Pemasaran konten adalah membuat, menerbitkan, dan mendistribusikan konten ke audiens target . Bagian umum dari pemasaran konten adalah jaringan media sosial, blog, konten visual, dan konten khusus seperti alat, e-book, webinar.

9. Contextual Marketing

Pemasaran konteks menargetkan pengguna dengan berbagai iklan di situs web dan jaringan media sosial berdasarkan perilaku online mereka.

10. Pemasaran Percakapan

Pemasaran percakapan adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan pelanggan satu- ke – satu melalui banyak saluran dan untuk bertemu dengan mereka dimanapun, kapanpun dan bagaimana mereka inginkan. Ini lebih dari sekadar obrolan langsung. Panggilan telepon, SMS, perpesanan Facebook, email, dan lainnya termasuk dalam pemasaran obrolan.

11. Pemasaran Kontroversial

Pemasaran kontroversial tidak ditujukan untuk mempolarisasi audiens. Ini adalah macam macam strategi pemasaran yang luar biasa untuk mengekspresikan ide, dan merek menggunakannya untuk memicu diskusi kreatif tentang masalah moral. Setiap sikap yang diambil merek terhadap masalah sosial yang sensitif dapat dianggap sebagai pemasaran yang kontroversial.

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ 7 Contoh Strategi Digital Marketing Yang Efektif[/su_box]

12. Customer Marketing

Pemasaran pelanggan adalah fokus untuk melindungi pelanggan yang ada , menjadikan mereka pendukung merek dengan menyenangkan mereka dengan produk, layanan, layanan pelanggan .

13. Pemasaran Digital

Pemasaran digital mencakup semua upaya pemasaran dengan menggunakan kendaraan listrik dan internet . Bisnis menggunakan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan dan prospek yang ada.

14. Pemasaran Email

Pemasaran email mengirimkan konten pendidikan atau hiburan dan pesan promosi kepada orang-orang yang ingin berlangganan daftar email Anda. Anda juga dapat menggunakan pemasaran email untuk memberi makan konten rujukan.

15. Pemasaran Acara

Pemasaran acara adalah perencanaan, pengorganisasian, dan pengelolaan acara untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan . Acara dapat dilakukan secara langsung atau online. Perusahaan dapat menyelenggarakan acara , berpartisipasi sebagai peserta pameran, atau mensponsori .

16. Pemasaran Eksperiensial

Pemasaran eksperiensial adalah aktivitas, pengalaman, dan interaksi tatap muka yang menciptakan ikatan emosional antara merek dan audiens target.

17. Pemasaran Lapangan (Pemasaran Pengalaman)

Pemasaran lapangan adalah jenis strategi pemasaran yang menciptakan konten yang memungkinkan penjualan seperti studi kasus, ulasan produk, perbandingan pesaing, dan lainnya untuk membantu penjualan mendekati pelanggan pada tahap akhir perjalanan pembeli .

18. Pemasaran Global

Pemasaran global berfokus pada kebutuhan pembeli potensial di negara lain . Umumnya, strategi pemasaran global, riset pasar , produk akan berhasil mendeteksi negara dan merek akan mencerminkan kebutuhan masyarakat di negara tersebut untuk melokalkan kebutuhan .

19. Pemasaran Gerilya

Pemasaran gerilya adalah menjangkau pelanggan dengan murah , meningkatkan kesadaran merek, dan menyebarkan merek dengan aktivitas merek yang berani dan cerdas di lokasi yang sibuk.

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ 15 Strategi Pemasaran Instagram Yang Mudah dan Cepat[/su_box]

20. Inbound Marketing

Pemasaran masuk menciptakan pengalaman berharga yang berdampak positif pada orang-orang dan bisnis Anda dengan menarik pelanggan yang ada ke situs web Anda dengan konten yang relevan dan bermanfaat. 

Begitu mereka tiba, Anda berinteraksi menggunakan alat obrolan seperti email dan obrolan, menjanjikan mereka nilai konstan . Terakhir, Anda menyenangkan mereka dengan terus bertindak sebagai penasihat dan pakar yang berempati.

Tidak seperti pemasaran keluar, Anda tidak perlu memperebutkan pelanggan potensial dalam pemasaran masuk . Dengan membuat konten yang dirancang untuk mengatasi masalah dan kebutuhan pelanggan ideal Anda, Anda menarik prospek yang berkualitas dan membangun kepercayaan serta kredibilitas untuk bisnis Anda.

21. Pemasaran Influencer

Pemasaran kontak yang efektif dirancang untuk memanfaatkan komunitas yang ada di media sosial . Orang yang efektif tampaknya ahli di bidangnya. Orang-orang ini dapat memengaruhi audiens yang ingin Anda jangkau dan membantu mereka memasarkan.

22. Pemasaran Informatif

Pemasaran informatif berfokus pada fakta dari pada emosi. Taktik pemasaran ini menentukan bagaimana fitur dan manfaat produk Anda akan menyelesaikan masalah pelanggan Anda , dan bahkan membandingkannya dengan produk pesaing Anda. 

Meskipun jenis pemasaran ini bergantung pada fakta dan angka untuk memicu tindakan yang diinginkan, hal itu sering kali dibingkai dengan cara yang menarik.

23. Pemasaran Interaktif

Pemasaran interaktif adalah bentuk pemasaran inovatif di mana audiens Anda dapat berinteraksi dengan video dan gambar di konten Anda . Bentuk pemasaran baru ini melepaskan kreativitas Anda dan memungkinkan Anda menceritakan kisah yang lebih imersif sebagai salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian audiens Anda.

24. Pemasaran Multikultural

Pemasaran multikultural menjalankan kampanye pemasaran yang menargetkan orang-orang dari berbagai etnis dan budaya di audiens umum suatu merek. 

Tidak hanya membantu Anda membangun hubungan dengan kelompok minoritas, tetapi juga mengenali asal etnis dan budaya mereka dan membantu kelompok mayoritas memahami bahwa sebagian besar negara tidak mendominasi satu etnis atau budaya utama.

25. Genuine Marketing

Genuine Marketing adalah ketika merek membayar penerbit terkemuka untuk berkolaborasi secara kreatif dalam proses membuat artikel atau video bersponsor yang berisi salah satu topik utama penerbit dan tampaknya merupakan konten biasa.

Mereka juga membayar penerbit untuk mendistribusikan konten bersponsor ini ke audiens mereka yang besar melalui media sosial dan situs web. 

Singkatnya, ketika merek membayar layanan iklan asli penerbit, mereka dapat memanfaatkan keahlian editorial mereka dan menjangkau untuk membantu merek mereka menceritakan kisah yang menarik kepada audiens yang lebih besar dan lebih baik.

[su_box title=”BACA JUGA” style=”noise” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″] ➡ Catat, 7 Tren Pemasaran Digital 2021[/su_box]

Kesimpulan

Ada banyak jenis strategi pemasaran yang bisa kamu coba di jaman sekarang saat ini. Mulailah berkreasi dan berinovasi untuk membangun aset anda.

Nah, itulah tadi macam macam jenis strategi pemasaran yang efektif di tahun 2021. Jika ada saran bisa tambahkan di komentar di bawah ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version