Penerima Bantuan Wajib Tahu Tentang 3 Program Bansos yang Akan Cair

Pandemi yang membuat sejumlah sektor lumpuh membuat pemerintah bertindahk cepat untuk memberikan saluran bantuan kepada rakyatnya. Sampai hari ini ada 3 progam bansos yang dinilai akan segera cair dalam bentuk uang tunai baik diberikan secara langsung maupun transfer ke rekening penerima.

Adapun bantuan tersebut ialah PKH atau Program Keluarga Harapan, BST atau Bantuan Sosial Tunai, dan sembako. Adapun mekanisme penyalurannya akan dirangkum sebagai berikut.

BST (Bantuan Sosial Tunai)

Penerima program Bantuan Sosial Tunai ini dilakukan selama 4 bulan berturut-turut. Yakni dimulai dari Januari sampai April 2021. Bantuan ini berupa uang tunai sebesar Rp 300.000 yang akan diberikan secara langsung oleh pihak pemerintah kepada masyarakatnya.

Untuk penyaluran atau pengantaran ke rumah pemerintah bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Namun ada pula yang mengambilnya di kantor sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Sejauh ini untuk penerima BST merupakan orang-orang yang sudah terdata pada DTKS.

[su_box title=”BACA JUGA” style=”bubbles” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″]Cara Daftar DTKS Kemensos Supaya Terima Bansos KIP,PKH dan BST[/su_box]

Sehingga apabila Anda merasa juga butuh bantuan dari program tersebut harap melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Selain itu setiap pendaftar juga tidak semua terkonfirmasi alias diterima. Untuk itu perhatikan baik-baik persyaratannya supaya tidak sia-sia.

PKH (Program Keluarga Harapan)

Dari 3 progam bansos ada satu yang paling banyak diluncurkan oleh pemerintah yakni PKH. Mekanisme penyaluran bantuan pada program ini sangatlah berbeda dari yang pertama. Jika tadi diberikan langsung lewat kantor pos maka untuk yang jenis ini menggunakan via transfer.

Hanya saja bank yang akan menjadi penyalurnya ialah lembaga keuangan milik negara atau Himbara melalui rekening pribadi dari penerima bansos. Jadi mereka bisa langsung tarik tunai lewat ATM. Bansos ini disalurkan dalam kurun waktu 3 bulan sekali yakni Januari, April, Juli, dan Oktober.

Baca Juga :  UPDATE 2021! Cek Daftar Nama TERBARU Penerima BLT UMKM Rp 2,4 Juta Seluruh Indonesia

[su_box title=”BACA JUGA” style=”bubbles” box_color=”#ff1312″ title_color=”#ffffff” radius=”10″]Syarat Terkait Bansos PKH 2021 yang Mencapai Rp 3 Juta, Cek Di Sini![/su_box]

Sedangkan untuk penerima bansos ini juga digolongkan menjadi beberapa kategori. Untuk ibu hamil dan anak usia 0-6 tahun akan mendapatkan uang sebesar Rp 250.000 per bulan, anak SD sebesar Rp 75.000 per bulan, anak SMP sebesar Rp 125.000 per bulan, dan anak SMA Rp 166.000 per bulan.

Adapun bagi penyandang disabilitas dan lansia diatas 70 tahun keatas akan mendapatkan yang sebanyak Rp 200.000 per bulan. Jadi prosedur pembagian tidak secara langsung melainkan bertahap.

Program sembako

3 progam bansos yang terakhir adalah sembako. Pemerintah menargetkan sekitar 18,8 juta KPM yang akan disalurkan oleh bank melalui KKS. Bantuan ini juga termasuk uang tunai sebesar Rp 200.000 mulai bulan Januarai hingga Desember 2021.

Itulah tadi 3 progam bansos yang bisa didapatkan oleh masyarakat terdampak pandemi yang memang sesuai dengan ketentuan atau kurang mampu. Sebelum menjadi penerima tentu saja Anda wajib mengerti bagaimana cara mendaftar di setiap program dengan syarat masing-masing.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *