Pengertian, Manfaat Dan Macam – Macam Jaringan Komputer

Pengertian, Manfaat Dan Macam – Macam Jaringan Komputer – Jaringan Komputer adalah Jaringan Telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan. Bagian yang meminta layanan yaitu Client dan Bagian yang Memberi Layanan yaitu Server. Desain ini disebut dengan sistem Client-Server.Tujuan dari jaringan komputer yaitu menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya.
Jaringan Komputer mungkin sudah tidak asing lagi dipikiran kita, dan mungkin sudah sangat sering mendengarnya malah. Istilah jaringan komputer sendiri juga diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Jaringan Komputer memungkinkan agar informasi atau data yang dibawa pengirim dapat sampai kepada penerima dengan tepat dan akurat. Selain itu peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer – komputer client sehingga diperoleh suatu data yang relevan.
 
# Manfaat Jaringan Komputer #
 
  1. Jaringan Komputer mempermudah Sharing Data
  2. Jaringan Komputer membantu pengguna agar menghemat biaya
  3. Jaringan Komputer mempermudah akses data kedalam Server
  4. Melalui Jaringan Komputer, Kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  5. Jaringan Komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah
  6. Jaringan Komputer membantu pengguna dalam mengirim text, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer
  7. Dengan Jaringan Komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarkan melalui suatu jaringan misalnya jaringan LAN.

 

# Macam – Macam Jaringan Komputer #
 
Jaringan Komputer dikelompokan menjadi 5 Katagori yaitu Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografisnya, Jaringan Komputer berdasarkan Fungsinya, Jaringan Komputer berdasarkan Topologi Yang digunakan, Jaringan Komputer berdasarkan distribusi sumber informasi/data, dan Jaringan Komputer berdasarkan media Transmisi Datanya.
 
A. Berdasarkan Jangkauan Geografisnya
 
#1. LAN
Local Area Network atau sering disebut dengan LAN Yaitu Jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil misalnya warnet, gedung/kantor,sekolah saja. LAN hanya mencapai ukuran 1 – 10 Kilometer, jaringan LAN lebih sering digunakan untuk menghubungkan komputer – komputer pribadi dan stasiun kerja(workstation).
 
#2. MAN
Metropolitan Area Network atau sering disebut MAN yaitu jaringan komputer yang lebih luas dari Jaringan LAN jaringan ini mencangkup suatu kota dan dibekali dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Kabel yang digunakan dalam jaringan ini yaitu kabel Fiber Optik.
 
#3. WAN
Wide Area Network atau disebut juga WAN yaitu jaringan antarkota, antar provinsi, antar negara bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencangkup seluruh dunia,misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor perwakilan indonesia diseluruh dunia. Media komunikasi utama yaitu lewat satelit tetapi banyak yang mengandalkan Koneksi Fiber Optik antar negara.
 
B. Berdasarkan Fungsinya
 
#1. Jaringan Client – Server
Jaringan Client – Server yaitu Jaringan yang terdiri satu Komputer Server dan Beberapa Komputer Client. Komputer Server yaitu berfungsi memberikan layanan kepada komputer Client dan komputer server yaitu komputer yang meminta layanan kepada Server.
 
#2. Jaringan Peer To Peer
Jaringan Peer To Peer – Dalam jaringan ini masing masing komputer baik itu komputer client ataupun komputer server memiliki kedudukan yang sama. Jadi, Komputer Client bisa menjadi Komputer Server dan Komputer Server bisa menjadi Komputer Client.
 
C. Berdasarkan Topologi Yang Digunakan
  • Topologi Bus
  • Topologi Star (Bintang)
  • Topologi Ring (Cincin)
  • Topologi Mesh
  • Topologi Tree (Pohon)

Topologi Jaringan Komputer merupakan bentuk atau struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya. Dan setiap topologi jaringan memiliki peranan dan fungsi yang berbeda – beda.
 
D. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
 
#1. Jaringan Terputus
Jaringan Terputus – Yang di maksud jaringan terputus yaitu jaringan yang terdiri dari komputer Client dan Server yang dimana komputer Client Berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer Server.
 
#2. Jaringan Terdistribusi
Jaringan Terdistribusi – Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan Client membentuk suatu sistem jaringan tertentu.
 
E. Berdasarkan media Transmisi Datanya
 
#1. Jaringan Berkabel (Wirled Network)
Jaringan Berkabel – Yaitu Media tansmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu jaringan dengan komputer lainnya agar bisa saling terhubung dan bertukar informasi/data. Salah satu media transmisi yang digunakan dalam Jaringan Berkabel yaitu Kabel UDP.
 
#2. Jaringan Nirkabel (Wirless Network)
Jaringan Nirkabel – Merupaka jaringan dengan medium berupa Gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena sudah menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirim sinyal informasi antar komputer jaringan.
 

 

Demikian Artikel Tentang Pengertian, Manfaat Dan Macam – Macam Jaringan Komputer yang bisa kamu pelajari dan semoga bisa menambah wawasan kita dan jika ada kata atau review yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar yang telah disediakan Terimakasih.
Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Uang di Internet
Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *